Selasa 21 Februari, 2023 | Admin

Pemkab Maros Raih Penghargaan Bebas Frambusia, Wabup : Ini Bentuk Komitmen Bersama Dukung Tercapainya Indonesia Bebas dari Frambusia

Maros_ Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari, SE., menerima penghargaan sertifikat Bebas Frambusia dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).
Penghargaan yang langsung diserahkan oleh Menteri Kesehatan,Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU Bertempat di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Selasa (21/02/2023).

Hanya Empat Kabupaten di Sulawesi Selatan meraih Penghargaan Sertifikat Bebas Frambusia, Salahsatunya Kabupaten Maros. Keempat Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Pangkaje’ne Kepulauan, Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Soppeng. Adapun tiga provinsi penerima sertifikat Eliminasi Filariasis antara lain: Jawa Barat (Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang), Papua (Kabupaten Supiori), Papua Selatan (Kabupaten Mappi)

Bertepatan dengan Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) Sertifikat bebas Frambusia diserahkan kepada 103 Bupati/ Walikota dan sertifikat Eliminasi Filariasis kepada 5 Bupati/Walikota, sementara Di Sulawesi Selatan sendiri hanya empat Kabupaten yang mendapatkan sertifikat Penyerahan penghargaan bebas Frambusia sebagai bentuk Kabupaten Maros dinyatakan bebas dari penderita Frambusia.

Wakil Bupati Maros didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros menyampaikan terimasih atas apresiasi yang diberikan Kemenkes kepada Kabupaten Maros. Sertifikat Frambusia merupakan salahsatu syarat Kabupaten Maros mendukung Indonesia untuk mengusulkan ke WHO sebagai Negara yang bebas dari Frambusia.

“Dengan hadirnya Sertifikat Bebas Frambusia ini sebagai komitmen Kami berkomitmen untuk mendukung tercapainya Indonesia bebas dari frambusia di tahun 2024. berharap masyarakat untuk tetap mendukung menjaga pola hidup yang sehat dan bersih” jelas Wabup.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Muhammad Yunus, S.Ked., M.Kes mengungkapkan diraihnya penghargaan ini melalui beberapa tahap seleksi penilaian yang telah dilakukan oleh Kemenkes RI tahun 2022 lalu. Penghargaan ini menjadi motivasi bersama untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat agar menjaga budaya hidup sehat secara konsisten.
“Alhamdulillah berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan oleh kemenkes RI tahun lalu maka Kabupaten Maros dinyatakan bebas Penyakit Frambusia” jelas beliau. (DisKominfo-SP)