Kamis 25 Agustus, 2022 | Admin

Kini layanan perpustakaan ibu dan anak telah hadir di Kabupaten Maros

Maros- Sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Literasi, kini Pemkab Maros melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Maros menyediakan layanan Perpustakaan Ibu dan anak di Jalan Ratulangi Maros.

Gedung Layanan Perpustakaan ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan gemar membaca sedari dini.

Tak hanya fasilitas buku bacaan, dalam perpustakaan ibu dan anak ini terdapat juga Prasarana playground bagi anak dan fasilitas ruang edukasi untuk ibu.

Gedung layanan ini diresmikan pada tanggal 04 Juli 2022 bertepatan pada Hari Lahir Kabupaten Maros dan juga diresmikan langsung oleh Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, S.IP., M.H bersama Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari.

Pada acara peresmian gedung hadir pula Sekretaris Daerah Andi Davied Syamsuddin, Bunda Baca Ulfiah Nur Yusuf dan Wakil DPRD Maros Hj. Haeriah Rahman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Maros, Amiluddin. A., S.Pd menjelaskan Hadirnya layanan perpustakaan ibu dan anak menjadi upaya pemerintah guna menumbuhkan kecerdasan literasi keluarga dan anak usia dini.

" dengan menanamkan budaya baca sejak dini, diharapkan mampu membentuk kebiasaan anak yang gemar membaca"

Sebagaimana telah diketahui menjadi seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya, maka tersedia juga Ruang edukasi yakni sebuah ruang yang akan dijadikan tempat melatih skill ibu yang ke depannya akan menginspirasi sekaligus melatih soft skill anak sebagai bekal terjun ke dunia karirnya di masa depan.

Menurut Bupati H.A.S Chaidir Syam, S.IP., M.H hadirnya gedung layanan perpustakaan ibu dan anak menjadi hadiah terbesar di hari lahir Kabupaten Maros, ini menjadi simbol bersama menjadikan Kabupaten Maros menjadi kabupaten literasi dan melahirkan generasi emas kedepannya.

" mari kita Meletakkan pondasi terbaik untuk melahirkan generasi emas" tutur bupati.

Kadis perpustakaan dan kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan H. Moh Hasan Sijaya, S.H., M.H mengatakan, perpustakaan ibu dan anak tingkat provinsi telah ada di kota makassar berlokasi di jl lanto dg passewang, sementara Kabupaten Maros menjadi Role Model Layananan Perpustakaan Ibu dan Anak di tingkat Kabupaten se-Sulawesi Selatan.

"...yang hebatnya Maros dari 24 Kabupaten Kota, baru Maros yang mengadakan gedung layanan perpustakaan ibu dan anak yang hampir sama megahnya dengan layanan perpustakaan ibu dan anak di jl lanto dg passewang makassar" tuturnya

Selain itu, menjadi salahsatu solusi untuk mendorong minat dan rasa cinta terhadap buku, sehingga mampu Mengurangi kebiasaan penggunaan gadget atau alat gawai pada anak yang berdampak negatif untuk tumbuh kembang kecerdasan otak anak.

"Diharapkan ini jg membantu anak jauh dari gadget, dimana telah kita ketahui bahaya gadget terhadap anak-anak apalagi yang sudah maniak gadget dampaknya, human relation anak sudah tergerus dan juga bahaya radiasi memperlambat otak kanan anak" ungkapnya.

Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Lahir Kabupaten Maros ke-63 dirangkaikan dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Pemkab Maros dengan pihak PT.Angkasa Pura I (Persero) bandara udara internasional Sultan Hasanuddin tentang penyelenggaraan Perpustakaan di Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin. Serta, Pemasangan selendang kepada duta baca Kabupaten Maros oleh bunda literasi dan bunda baca. (DisKominfo-SP)