Selasa 19 Oktober, 2021 | Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Tingkatkan Kemampuan Mitigasi, BPBD Maros Adakan Pelatihan Penanggulangan Bencana

Kepala Pelaksana BPBD Maros Fadli, mendampingi Wakil Bupati Maros Hj,Suhartina Bohari Membuka dan Memberi Sabutan dalam Kegiatan Pelatihan  dan Pencegahan Mitigasi bencana. yang dilaksanan di Baruga B Kantor Bupati.

Fadli mengatakan, kegiatan tersebut penting. Tujuannya meningkatkan kapasitas para relawan dalam menghadapi bencana di Kabupaten Maros.

“Mengingat musin hujan telah tiba perlu disiapkan peralatan dan melatih relawan khusus para relawan bencana agar lebih tanggap menghadapi Bencana.

Pesan Wakil Bupati  ingin para relawan terlebih peserta dapat menambah ilmu.
Selain kuantitas, segi kualitas relawan juga harus dinaikkan. Latihannya secara terpadu. Peserta juga bisa saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam penanggulangan bencana.

Dia menegaskan, menjadi relawan adalah panggilan hati. Terlebih relawan bencana. Segala tenaga dan pikiran yang disumbangkan bukanlah keterpaksaan.

“Relawan itu tugas yang mulia. Saya percaya yang hadir di sini punya hati yang tulus membantu orang lain. Tidak mudah untuk mencari orang yang ingin membantu orang lain,” tuturnya.

Ketua Panitia, Nasrul mengungkapkan, peserta pada pelatihan ini berasal dari Satgas BPBD bersama beberapa perwakilan organisasi seperti Basarnas, Karang Taruna, Palang Marah Indonesia (PMI), Baznas Tanggap Bencana, Pramuka Peduli, Jaringan Pendamping Kebijakan dan Pembangunan (JPKP) dan Jumlah Peserta terdiri dari 70 Orang.

Pelatihan akan berlangsung selama dua hari. Hari pertama memperkuat materi. Hari kedua langsung berlatih di lapangan. Praktik lapangan akan dihelat di Desa Samangki, Kecamatan Simbang.